Tips Memilih dan Membeli Komputer & Laptop

Bagaimana Memilih dan Membeli Komputer yang baik

Bagi beberapa orang yang masih awam tentang seluk – beluk per-komputer an, mungkin memilih PC atau komputer merupakan hal yang cukup melelahkan mungkin juga akan membingungkan. Sebenar nya banyak informasi yang bisa kita dapat tentang bagaimana memilih spesifikasi yang pas, baik untuk kebutuhan kerja maupun budget kita, masukan dari koran / majalah komputer maupun iklan di tv sekalipun, akan terasa kurang untuk memenuhi kebutuhan pemahaman dalam memilih komputer yang tepat dengan selera kita, baik itu soal selera kerja maupun selera isi dompet kita :D . 

Tips Memilih dan Membeli Komputer

Sudah hal yang seharus nya untuk kita ketahui tentang informasi tentang komputer ini. Meskipun nantinya pengguna komputer itu kita sendiri, setidak nya informasi itu nanti nya akan meminimalisir kesalahan dan penyesalan saat di rasa komputer yang sudah kita beli terasa kekurangannya. 

Hal ini mungkin memang nampak sederhana, anda tinggal mempercayakan ke teman, kerabat atau toko, untuk merakit komputer sesuai selera anda, akan tetapi kembali ke hal kepuasan yang mungkin belum tentu anda dapatkan. So..?

Apakah anda atau kerabat sedang mempunyai plan untuk membeli sebuah komputer?. Berikut sedikit Tips Dalam Memilih dan membeli komputer, semoga tidak menambah kebingungan anda ,mengingat mungkin ini informasi yang ke sekian yang berhasil anda kumpulkan. 

1. Kebutuhan Kerja

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah “kebutuhan”. Ya,, untuk apa kita membeli komputer?. Apabila kita memang seorang yang di dalam kerja membutuhkan adanya komputer, hal itu sudah menjawab pertanyaan di atas. Pertanyaan selanjut nya : kerja yang seperti apa..?. apabila anda seorang penulis dan kebutuhan komputer anda sekedar membantu anda untuk browsing atau menulis, anda tidak perlu membeli komputer dengan spesifikasi game. 

Meskipun komputer gaming lebih nyaman di gunakan. Anda bisa membeli komputer dengan spesifikasi low end. Untuk meminimalisir biaya tentunnya. Apalagi di era sekarang komputer termurah sekalipun sudah nyaman di gunakan untuk sekedar menulis atau browsing. Tapi anda pun bisa mengcustom pembelian komputer, seandainnya suatu waktu anda ingin upgrade ke seri terbaru atau komponent baru, anda bisa menyesuaikan jenis dan type komputer rakitan yang seperti apa yang akan beli. 

2. Budget 

Seperti hal nya kebutuhan kerja. Tentang budget ini kita harus bisa menyesuaikan komputer seperti apa?, atau spesifikasi seperti apa? yang kita perlukan. Ada peribahasa pedagang : “harga tidak akan menipu”. Mungkin sedikit bisa di artikan harga yang mahal akan lebih bagus kualitas nya, dan harga yang murah dengan kualitas yang standar. Hal ini ada benar nya anda bisa mengikuti peribahasa tersebut, tapi harus tetap mengetahui beberapa informasi tentang merk dan spesifikasi atau mungkin juga info reputasi penjual atau toko nya. 

3. Toko Komputer / Penjual 

Tahap selanjut nya tentang bagaimana memilih komputer atau tips membeli komputer adalah Toko Komputer atau Penjual nya. Setelah anda merasa pas dengan spesifikasi dan type komputer yang anda pilih dari informasi yang anda dapat, selanjut nya carilah toko / penjual yang reputasi nya bagus. Baik itu secara online maupun offline. Perlu jadi bahan pertimbangan toko yang memberi harga dan garansi yang sesuai harapan anda. Toko yang sedang mengadakan promo pun bisa jadi bahan pertimbangan anda.Bagaimanapun elektronik ada kalannya rusak atau error sebelum masa garansi habis. 

Berikut saya sertakan contoh spesifikasi standar Office : 

Nama Hardware Deskripsi Kisaran Harga 3
Motherboard Gigabyte GA-G41M 1.193.000
Processor intel E5700 Dual Core 65.000
RAM / Memory Kingston KVR16N11S6/2 240.000
Hardisk Seagate 500GB 800.000
Monitor cer 15.6 Inch P166HQ 798.000
Keyboar + Mouse AOC Keyboard Mouse 80.000
CD DVD LG DVDRW Sata 24x 155.000

Data di atas di ambil pada tahun 2015
jadi perkiraan setelah di tambah beberapa accecories tidak akan melibihi dari 4 juta. kembali saya sarankan untuk lebih dalam mencari informasi agar sesuai dengan selera dan kebutuhan anda


semoga bermanfaat

Related Posts

Post a Comment