Motherboard Komputer

Pengertian Motherboard Komputer

Pada tahun 1980-an komputer terpopuler seperti Apple II dan IBM PC sudah memproduksi rangkaian skema diagram motherboard kompatible, dengan tujuan untuk memudahkan upgrade atau menambah komponen yang sekirannya bisa membantu dan menopang kinerja komputer itu sendiri. Sebenar nya sebelum penemuan chip mikroprosesor.

komputer digital sendiri hanya terdiri dari beberapa papan sirkuit ( Motherboard ) yang kemudian di tambahkanlah beberapa socket untuk beberpa komponen seperti hal nya socket VGA card, hal ini bertujuan untuk meningkatkan beberapa performa kerja komponen lainnya.

Motherboard adalah papan induk sirkuit tempat dimana berbagai komponen komputer / elektronik terpasang dan saling terhubung. Pengertian lain dari Motherboard atau yang sering kita di indonesia sebut dengan mainboard, merupakan papan utama berupa pcb yang memiliki program penggerak ( chip bios ), dan memiliki sirkuit juga berbagai konektor sebagai perantara penghubung perangkat untuk akses.

Fungsi Motherboard Komputer

Di cermati dari pengertian Motherboard Komputer sendiri sebenar nya kita sudah bisa mendefiniskan apa fungsi dari motherboard, pengertian lain dari Fungsi utama motherboard adalah sebuah komponen yang memiliki tugas sebagai pusat penghubung antara satu komponen hardware dengan hardware lainnya. Jadi bisa di artikan, motherboard menjadi satu satu nya wadah penghubung kode bahasa antar hardware untuk menjadi sebuah sistem kerja dalam sentral prosesing unit atau CPU

Bisa di lihat dari gambar bahwa di dalam papan sirkuit motherboar terdapat banyak socket dan port untuk menghubungkan beberpa hardware seperti hal nya RAM ( Random Accses Memory ), hard drive, vga card, power supply ,sistem output maupun input. Dengan perkembangan di dunia komputer, sudah banyak sekali kita jumpai produsen motherboard yang memproduksi motherboard dengan variasi harga dan spesifikasi. Saya ambil contoh beberapa nama atau merk motherboard yang sering kita jumpai di indonesia : Gigabyte, foxcon, Asus, Albatron, Abit, ECS, MSI, Biostar.

Motherboard Komputer
Bagian - Bagian Motherboard
Konektor Power pada Power Supply Unit (PSU) Flopy conector
Socket/Slot Processor Chipset
Socket/Slot VGA – Audio card BIOS (Basic Input/Output System)
Baterai CMOS Slot RAM
Slot IDE dan SATA Division 2
I/O Port Usb header
On jumper Socket SYS Fan
Usb port Audio conektor
Lan conector HDMI – DVI -RGB Conector
Power and Led Conector Ps2 keyboard and mouse conector

Tabel bagian Motherboard di atas hanya beberapa saja, masih banyak Bagian Motherboard yang perlu kita ketahui dan akan kita bahas di post selanjut nya. Untuk merakit sebuah CPU, ada baiknya kita memperhatikan terlebih dahulu apa dan bagaimana kebutuhan kerja kita dan dari brand mana yang akan pakai. Jangan sampai salah pilih dan beli, ada baiknya konsultasi atau membeli langsung sepaket CPU siap pakai untuk mengurangi kesalahan dalam perakitan.

Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment