Processor Intel - Sejarah dan Perkembangan

Sejarah dan Perkembangan Processor Intel

Definisi singkat 

Processor atau processing unit menurut wikipedia Adalah sirkuit elektronik yang melakukan proses / mengolah dari beberapa sumber data eksternal. Jadi secara harfiah Processor merupakan chip pengolah data dari masukan atau input yang akan di olah atau di proses dan di siapkan untuk menjadi data siap output sesuai perintah kerja.

Sejarah sinkat 

Sejarah singkat dari Processor di awlai dari seorang ilmuwan dari inggris Sir John Ambrose Fleming pada tahun 1904 yang meciptakan sebuah tabung hampa / tabung dioda. Dan pada tahun setelah nya processor ini mampu di kembangkan oleh Dr. Lee de foret menjadi trioda, tetroda dan kemudian pentode. Bahkan pada saat itu komputer generasi ENIAC dan EDVAC serta UNIVAC menggunakan tabung hampa ini untuk processor nya. 
Adalah Gordon Moore dan dua sahabat nya Robert Noyce and Andy Grove, mendirikan sebuah perusahan Intel Corporation untuk mengembangkan proyek “INTegrated ELectronics” atau yang saat ini lebih kita kenal dengan bahasa “ intel “. Hasil atau produk dari intel corp pertama pada tahun 1969 berupa RAM statik 1101. RAM statik 1101 merupakan cikal bakal yang di kembangkan ke proyek selanjutnya, dan pengembangan dari RAM statik 1101 menghasilkan Schottky bipolar 64-bit static random access memory (SRAM) 3101. Yang akhirnya padatahun setelah nya mampu di kembangkan menjadi microprocessor, dan microprocessor pertama ini memiliki kurang – lebih 275.000 transistor, cukup signifikan perbandingan tansistor di banding era sekarang. 
Mungkin sudah terlalu banyak artikel atupun makalah perkembangan processor dari generasi ke generasi, dari generasi processor intel pertama hinnga terbaru yang sudah anda baca. Mudahan mudahan list perkembangan processor intel berikut ini membantu dan melengkapi pengetahuan kita.

Perkembangan Processor Intel / urutan generasi processor intel RAM STATIS 

Sejarah processor intel - orbitcybercorner
  • Tahun 1969 produk pertama Intel Corporation merupakan RAM statis 1101, (MOS) metal oxide semiconductor. 
  • Tahun 1971 Microprocessor pertama Intel, Microprocessor 4004 merupakan hasil pengembangan dari RAM statis 1101. 
  • Tahun 1972 Microprocessor kedua Intel, Microprocessor 8008 yang meimliki kekuatan dan keunggulan 2 kali lipat dari Microprocessor 4004. 
  • Tahun 1978, Microprocessor 8086-8088 dengan Microprocessor ini berhasil mendongkrak popularitas Intel corp dengan bekerja sama nya dari pihak IBM untuk menggunakan Microprocessor 8088 
  • Tahun 1982, Intel corp meluncurkan produk Intel 286 Microprocessor atau yang lebih dikenal dengan nama 80286. 

MICROPROCESSOR 

tahun 1985, Intel Corp berhasil mengembangkan Intel386™ Microprocessor. Intel386™ Microprocessor ini di usung dengan 275.000 transistor. Hampir seratus kali lipat dari Microprocessor RAM STATIS Tahun 1989, Intel Corp merilis XT i186, AT i286, i386, i486 hingga Intel 486™ DX CPU Microprocessor merupakan prosesor pertama dengan lebih 1 juta transistor. pada tahun ini Intel merubah perintah dari Comand - comand menjadi lebih simpel dengan Klik saja, dan Microprocessor ini merupakan Processor pertama yang menggunakan lebih dari satu juta transistor.

PENTIUM I 

 Tahun 1993, Intel® Pentium® dengan sekitar 3 juta lebih transistor di dalam nya namun terdapat beberapa bug di dalam nya. Intel® Pentium® atau yang lebih kita kenal dengan pentium I ini merupakan generasi pertama yang mampu mengolah data digital , dari suara tulisan tangan dan beberapa bentuk gambar. Tahun 1995 beberapa aplikasi server dan workstation, menggunakan Intel® Pentium® sebagai chip nya. Dengan 5 juta lebih transistor, processor ini dapat memproses lebih cepat.

PENTIUM II 

Tahun 1997, Intel® Pentium® II Processor atau pentium II dengan 7 juta lebih transistor tertanam, memiliki keceptan clock 450 MHZ. Tahun 1998 Processor ekonomis Intel® Pentium II Xeon® dengan tidak adannya chace L2 Processor basis Pentium II yang kemudian Processor ini kita kenal dengan Pentium II Celeron.

PENTIUM III 

Tahun 1999 Intel® Pentium® III processor yang didukung dengan 44 juta lebih transitor.

PENTIUM IV 

Tahun 2000 Intel® Pentium® 4 muncul dengan speed clock empat kali lebih cepat dari Intel® Pentium® III. Dengan memiliki clock 3.8 Ghz pentium IV mampu mengolah data lebih banyak ekstensi di banding pentium II tentunnya. Pentium IV pertama di rilis dengan kecepatan 1.5 GHz dan pihak Intel® merubah formafactor dari pin 432 menjadi pin 478, hingga saat ini yang saya pahami Intel® Pentium® IV mampu menembus speed clock 3.4 Ghz. Tahun 2001 Intel® Xeon® Processor di rancang khusus kebutuhan server.processor ini memiliki cache dan pin lebih banyak di banding pentium IV lainnya.

INTEL ITANIUM 

Tahun 2001 Processor Intel® Itanium® terlahir. Processor itanium adalah processor berbasis 64 bit pertama rilis-an dari Intel® Pentium® . processor ini ditujukan khusus server dan workstation dan pemakai tertentu. Tahun 2002, Intel® Itanium® 2 Processor generasi berikutnya dari itanium. Processor 64 bit dengan 221 juta transistor ini memiliki clock maksi 1 GHz.

INTEL PENTIUM M 

Tahun 2003 Intel® Pentium® M. Processor yang di peruntukan untuk notebook ini telah berhasil di perbarui dari seri sebelumnnya dengan merampingkan beberpa transistor. Processor pentium M ini hanya memiliki 77 juta transistor. Berbekal dari pentium IV yang di rasa terlalu boros daya. Pentium M hadir dengan minim pasokan daya tapi tak merubah performa.

INTEL PENTIUM DUAL CORE 

Tahun 2005 Intel® Pentium® berinisiatif dengan menggabungan Hyperthreading dan penggunaan daya Pentium M, dan pada tahun ini lahirlah processor DC / DualCore yang memiliki speed clock maksimal 2 GHz.

INTEL CORE 2 DUO dan CORE 2 QUAD 

Tahun 2006 Intel® Pentium®menhadirkan processor intel core 2, dual core yang pada tahun sebelumnya cukup menembus pasar luas, kini dilengkapi dengan pilihan hadir nya core 2duo dan core 2 quad. Integrasikan mendekati sekitar 300 juta transistor dengan dua buah core bekerja dalam satu processor, core 2 duo mampu mencapai speed 3.3 GHz. Sedangkan core 2 quad ( Q6600) hadir melengkapi dengan performa lebih, sama hal nya dengan core 2duo yang memiliki dua core dalam satu processor, namun memiliki 2.45 GHz pada tiap core nya serta kapasitas L2 cache nya pun lebih besar di banding kan core 2 duo.

INTEL CORE i 

Untuk Intel® Pentium® CORE i / generasi prosesor intel core i akan di bahas pda post selanjut nya.. dan semoga hingga perkembangan processor intel sampai 2017.. :D :D
Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment