Pengertian dan Fungsi Processor (Prosesor) Komputer

Komputer Processor

Processor merupakan komponen pokok dan wajib dalam unit komputer. Processor berperan sabagai pemikir / otak dari unit ini.tanpa adanya satu komponen ini komputer tidak akan bisa di fungsikan bagaimana mestinnya. 

Pengertian Processor (Prosesor) 

Secara umum pengertian processor adalah sebuah komopnen IC yang mampu mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem yang ada di dalam komputer yang akan digunakan sebagai otak pusat yang memiliki fungsi mengontrol juga melakukan perhitungan dan menjalankan perintah. Pengertian dan Fungsi Processor Komputer - orbitcybercorner Processor terletak di dalam motherboard yang sudah terdapat socket nya. Secara umum bentuk processor ini kotak pipih / tipis. Mempunyai beberpa model tergantung sesuai dengan type motherboard itu sendiri. 
Dari segi jenis nya pun processor sudah memiliki varian baik itu AMD atau Intel , dari keduanya sudah banyak memiliki type dan generasi. Dan tentunya dengan daya pikir / kekuatan yang berbeda. 
Ada beberapa bagian penting yang terdapat dalam processor di antaranya : 
• ALU ( Aritcmatics Logical Unit ) mampu melakukan perhitungan aritmatika sesuai instruksi perintah kerja. 
• CU ( Control Unit ) Mempunyai peran sebnagai pengatur lalu lintas data seperti data input dan data output. 
• MU ( Memory Unit ) Sebagai tempat penyimpanan perintah kerja yang dapat di akses progam dengan kecepatan tinggi. 

Fungsi Processor (prosesor) 

Secara garis besar Processor mempunyai fungsi sebagai pemroses data yang di terima dari input atau masukan, dan yang kemudian akan di proses untuk menghasilkan output kerja. Di dalam Processor juga terdapat Chache, chace Processor mempunyai fungsi penampung data sementara sebelum data di olah atau di proses oleh Processor. Dan biasannya Processor akan menjadi panas apabila proses terlalu banyak dan tinggi, untuk itu di perlukannya kipas pendingin di atas Processor ( processor heatsink )

Related Posts

Post a Comment