Sistem Komputer

orbitcybercorner – kata Sistem, berasal dari bahasa Yunani (sustēma) dan bahasa Latin (systēma) dan mempunyai arti suatu kesatuan yang terdiri beberapa komponen atau elemen yang berhubungan bersama untuk mempermudah aliran data informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu hasil kerja atau tujuan. (Di kutip dari wikipedia)

Dari definisi sistem tersebut, tak ubahnya komputer pun memeiliki sebuah sistem. Dimana sistem komputer di bangun oleh komponen – komponen penting yang dapat menunjang berjalannya sistem tersebut. penting dan wajib karena ketergantungan komponen komputer ini tidak bisa di pisahkan atau di tiadakan, karena komponen ini mempunyai keterikatan yang saling membutuhkan, maka untuk mengoperasikan komputer komponen komputer ini wajib ada. yang perlu kita ketehaui ada beberapa komponen penting dalam komputer untuk membangun sistem komputer tersebut. berikut komponen wajib sistem komputer yang harus kita ketahui :

Sistem Komputer

1. Perangkat Keras Atau - HARDWARE

Perangkat Keras atau yang biasa kita dengar HARDWARE merupakan semua komponen yang berada di dalam sistem komputer, semua bagian fisik yang dapat kita lihat dan meraba keberadaannya. Apa bila kita membongkar unit CPU ( Central Procesing unit ) kita kan menjumpai beberpa komponen di dalamnya.dan apapun yang terlihat oleh kita di dalam CPU tersebut, itulah yang di namakan perangkat keras atau hardware.beberapa perangkat keras tersebut di antarannya :

      : Masukan ( Perangkat Input )

Adalah perangkat keras yang digunakan untuk meng-input / memasukkan data dari pengguna yang selanjut nya akan diproses oleh procesor.beberapa contoh perangkat input adalah : Mouse, keyboard, scanner, microphone, dan lain sebagainya.

      : Perangkat Proses

Setelah pengguna / user malakukan input, data akan di teruskan ke unit proses. perangkat keras yang bertugas dalam pemprosesan masukan / input yaitu Processor.

      : Keluaran ( Perangkat Output )

Setelah data berhasil di olah / proses oleh procesor, data pun kemudian dikirim ke proses Output. Output dapat berupa gambar visual, video maupun gambar cetak. Dan contoh perangkat perangkat keras Outpun di antara nya monitor, printer, proyektor dan lain sebagainnya.

2. Perangkat Lunak - SOFTWARE

Software merupakan kumpulan data elektronik ( progam ) yang berada di dalam hardware, di atur dan di kendalikan oleh user / pengguna untuk menerima perintah. Beberapa contoh perangkat lunak adalah :

      #. Sistem Operasi

Software sistem merupakan software penghubung antara user / pengguna dengan perangkat keras ( hardware ). Beberpa di antaranya adalah : Windows, Linux dan Mac OS.

      #. Software Aplikasi

Software aplikasi merupakan Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi / alat untuk kepentingan tugas user itu sendiri. Beberapa contoh software aplikasi ini adalah : Microsoft Office, window media player game dan lain sebagainnya.

Software atau perangkat lunak yang paling utama dan yang harus ada dalam pengoperasian komputer adalah sistem operasi, dan beberpa software aplikasi pendukung lainya di sematkan di dalam sistem operasi untuk mendukung kerja atau kepentingan tugas si pengguna itu sendiri.

3. Pengguna - BRAINWARE

Brainware adalah si pemakai, pengguna atau user komputer, mungkin bisa di terjemahkan Brainware adalah orang yang mengoperasikan / menjalankan komputer. Ketiga komponen penting komputer di atas merupakan komponen yang saling berkaitan, jadi kita bisa bayangkan sebagus dan secanggih apapun Hardware dan sofware tanpa adanya Brainware tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.begitu juga sebaliknya.

Keterangan Gambar

Nomor Keterangan
1 MONITOR
2 MOTHERBOARD
3 PROCESSOR
4 SLOT ATA
5 RAM (MEMORI)
6 SLOT PCI
7 POWER SUPLAY
8 CD / DVD ROM
9 HARDISK
10 KEYBOARD
11 MOUSE

Related Posts

Post a Comment