Komponen Penting Komputer Dan Fungsinya

orbitcybercorner - Komponen utama komputer adalah komponen wajib yang harus ada dan berfungsi normal sebagaimana mestinya pada komputer. Komponen tersebut berfungsi sebagai penunjang sistem operasi kerja pada komputer. Dan permasalahan pun terjadi jika salah satu dari komponen tersebut tidak dapat berfunsi normal sebagaimana mestinya. Sedikit mengulas kembali postingan sebelumnya tentang apa saja sistem komputer, yang terdiri dari 3 komponen penting yang wajib ada untuk terbentuk nya sistem komputer. Hardware, Software, Brainware.

Komponen Penting Komputer Dan Fungsinya

Komponen Hardware 

Komponen Hardware ( Perangkat Keras ) komputer sendiri secara khusus terbagi menjadi 3 (tiga) bagian atau kategori yaitu: input, proses, dan output. Berikut sedikit penjelasan dari ke tiga nya.

•Bagian Input

Bagian input / masukan ini merupakan hardware pertama penerima perintah dari brainware, bagian input ini hanya bertugas sebagai jembatan pertama dalam proses menuju ke bagian proses. Berikut beberapa komponen yang termasuk pada kategori input:

A. Keyboard 

Keyboard adalah sebilah papan yang memiliki banyak tombol dari mulai abjad, angka dan symbol. Keyboard ini berfungsi sebagai alat untuk penginputan perintah atau data dari brainware dengan cara menekan tombol / diketikkan pada papan keyboard. Susunan abjad, angka dan symbol Keyboard biasanya menyerupai mesin ketik manual, namun seiring kemajuan teknologi, revolusi dari bentuk keyboard / papan ketik pun terus berkembang .dari mulai QWERTY, DVORAK, KLOCENBERG, MALTRON, CHORD, ALPHABETIK, NUMERIC dan lainya.

B.Mouse 

Sesuai dengan namannya mouse berbentuk menyerupai tikus. Lengkap dengan ekor nya karena mouse mempunyai kabel penghubung ke motherboard. Mouse sendiri memiliki fungi mengarahkan pointer yang tampil di layar monitor. Dengan keberadaan pointer yang kita kendalikan dengan mouse maka tugas atau perintah dari braiware akan membuat semakin mudah untuk mengatur posisi kerja / perintah sesuai dengan kebutuhan kerja dengan cepat. Untuk generasi terbaru keyboard dan mouse ini sudah banyak yang menggunakan wireles, jadi tidak lagi memerlukan kabel sebagai penghubung ke motherboard / CPU.

C. Flasdisk, Floppy disk dan Piranti Optik

Flasdisk dan Floppy disk ataupun Piranti Optik memiliki fungsi memindahkan file / data dari komputer satu ke komputer yang lain. Meskipun floppy disk memiliki kapasitas yang kecil, sebelum hadir nya flasdisk, floppy disk mempunyai peran yang begitu penting. floppy disk mampu menampung data / file para penggunanya.silih begantinya waktu dengan hadir nya flasdisk, kini floppy disk banyak di tinggalkan penggunanya, dengan alasan flasdisk mampu menampung dengan kapasitas yang lebih besar dan lebih simpel penggunaan dan bentuknya. adapun type piranti optik yaitu di mulai dari awal nya CD ROM, CD RW, Optik DVD, hingga saat ini DVD RW memiliki fungsi sebagai tool pembaca data inputan dari CD ( Compac Disc ).hingga saat ini piranti optik yang berbentuk bulat piringan kaca ini masih sering di gunakan untuk beberapa kebutuhan data.

•Bagian Proses

Bagian proses sudah pastinnya terdapat di bagian Central Prosecing Unit (CPU ). Di CPU inilah semua data inputan akan di proses dan akan di output-kan melalui proses / hardware output nantinnya. Beberapa komponen Central Prosecing Unit (CPU ) ini di antara nya :

A. Motherboard

Motherboad merupakan induk / pusat dari komponen yang terdapat didalam Central Prosecing Unit (CPU ). Di Motherboard ini lah nantinnya yang akan menjadi wadah dan menyalurkan beberapa perintah brainware ( user ) melalui beberapa komponen lainnya. Di dalam motherboard ini kita akan mendapati beberapa socket untuk menghubungkan ke komponen pendukung lainya, lainya kita juga akan mendapati beberapa slot yang nantinnya untuk menghubungkan dengan RAM,VGA,Procesor,USB maupun keyboard – mouse dan printer tentunnya.

B.Memory (RAM) Random Access Memory 

RAM atau Random Access Memory merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan data yang bersifat sementara atau data perintah dari user 9 brainware ) sama halnya dengan flasdisk maupun flopy disk (RAM) Random Access Memory pun mempunyai kapasitas di setiap keping nya.kita bisa memasang sesuia kebutuhan dan jumlah yang di sediakan motherboard.

C. Prosesor 

Prosesor atau mungkin kita bisa mengartikan nya sebagai otak, komponen procesor ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemrosesan data, data yang user inputkan melalu proses input tadi.hingga sampai akhir nya akan di lakukan proses output setelah sang pemikir ( Proses ) selesai melakukan tugas nya.

D. Hard Disk 

Tak ubah nya seperti Flasdisk, Floppy disk, Hard disk juga komponen yang berfungsi kurang lebih sama, hanya saja hardisk yang satu ini menetap di dalam lingkup CPU ( internal ) .berfungsi menyimpan data maupun system operasi Central Prosecing Unit (CPU ).

•Bagian OutPut

Bagian OutPut merupakan bagian cetak atau komponen hasil dari proses . adapun Bebera komponen output di antara nya :

A. Monitor 

Monitor adalah salah satu output dalam bentuk visual gambar atau video. komponen ini menampilkan beberapa proses system ataupun perintah data system komputer. Termasuk juga akan menampilkan interpretation dari hasil pemrosesan data kerja / pengolahan.

B.Printer 

Printer merupakan alat untuk mencetak data hasil kerja. Setelah data melalui proses data akan di cetak melalui output printer. Biasanya keluaran printer dapat berupa gambar atau teks.

C. Speaker 

Namanya mungkin tak asing lagi di telinga kita, yaa output speaker ini menghasil kan visual audio, speaker ini akan menyampaikan informasi dalam bentuk gelombang suara dari hasil perintah dan pengolahan data sebelumnya.

2.Komponen Software 

Software terbagi dalam bebrapa jenis, yaitu

A. Sistem Operasi 

Sistem Operasi merupakan wadah software yang nantinnya akan berfungsi untuk menjalankan / mengaktifkan semua komponen CPU untuk interaksi. Bisa kita ambil contoh dari Sistem Operasi ini adalah : Windows dan Linux.

B. Program Utility 

Program utility adalah tool tambahan yang nantinnya akan melengkapi kinerja Sistem Operasi maupun komponen lainya. Bisa kita ambil contoh : anti virus , disk tool, dan lai nya.

C. Program Aplikasi 

Program aplikasi adalah sekumpulan tool penunjang kerja / proses datauntuk mempermudah pekerjaan braiware itu sendiri. Contoh nya : Office, Media player. 

3.Brainware 

Brainware adalah user atau orang yang mengoperasikan / mengendalikan komputer.

Semoga Bermanfaat

Related Posts

Post a Comment