Komputer Elektronik Pertama

Orbitcybercorner - Berikut adalah generasi komputer elektronik yang berhasil di ciptakan :

MARK 1 

Dengan berat 5 TON berdiameter 2,4 meter x 15,2 meter yang tersusun dari rotating shaftI, relai,batang putar dan clutch.seorang ilmuwan dari harvard universiti Howard Aiken (1900-1973),memimpin para peneliti dengan bekerja sama dengan IBM mengerjakan dan mendesign kalkulator mark one. Membutuhkan waktu kurang lebih 70 tahun untuk mewujudkan gagasan dari Charles Babbage yang meninggal pada tahun 1942. 

ENIAC 

Electronic Numerical Integrator and Computer berhasil di rancang dan di kembangkan oleh John Presper Eckert (1919-1995), dan John W. Mauchly (1907-1980). Mereka Ilmuwan yang berasal dari dari Universitas Pennsylvania akhir nya berhasil menciptakan ENIAC sebuah komputer electronic. Dan pada tahun 1945, hasil karya mereka ini dikenal komputer berbasis elektronik modern pertama. ENIAC Komputer ini mempunyai hampir dua kali lenih besar dari ukuran Mark 1. Dengan 17ribu tabung yang berat nya mencapai 17 ton mesin ini memerlukan 40 lebih lemari dengan di penuhi sekitar 100.000 komponen pendukung. 

Komputer Pertama

EDVAC

John von Neumann (1903-1957) mempunyai inisiatif bergabung dengan peneliti di Universitas Pennsylvania pada tahun 1940-an.dengan membangun konsep design jangka panjang yang mampu di pakai dan di modifikasi untuk beberapa puluh tahu kedepan.
Design yang di usung oleh Von Neumann lebih mengarah ke pemrosesan, sebuah chip memori yang mampu menampung progam data. Von Neumann merubah teknik menjadi komputer yang memungkinkan untuk menyimpan data dan bisa kapan waktu melanjutkan kembali pekerjaannya (save data).selanjutnya Von Neumann juga menggagas tentang unit central untuk pemrosesan data atau yang kita kenal sekarang CPU( central prosesing unit) sebuah chip tunggal yang memungkinkan mengontrol dan mengkoordinasi sekuruh fuungsi unit komputer. Dan pada tahun 1945 terciptalah hasil karya Von Neumann yaitu EDVAC

UNIVAC 1 

Pada tahun 1952 tim / badan sensus amerika yang menggunakan UNIVAC mampu memprediksi kemenangan dalam pemilihan presiden Dwilight D. Eisenhower, hal ini merupakan pencapaian yang sangat mengesankan Remington Rand sang pencetus dan perancang UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) dan model arsitektur von Neumann.

Semoga Bermanfaat

Related Posts

Post a Comment