Sejarah Komputer

orbitcybercorner - Sejak jaman prasejarah suku – suku primitif telah melakukan perhitungan dengan menggunakan benda – benda seadannya, hal itu di perlukan untuk perdagangan atau navigasi. bahkan mereka sejak jaman kuno telah menghitung waktu dengan memanfaatkan beberapa benda dan kondisi alam atau musim untuk pertanian dan yang lainnya. Dan model atau gaya perhitungan merekapun sampai saat ini belum terpecahkan. Meskipun ada beberapa symbol atau tanda yang menunjukan mengarah pada beberapa penghitungan.

Tahun Mula Sejarah Komputer

Sejarah Komputer

Ada sebagian yang menyimpulkan Sejarah Komputer berawal dari beberapa tahun silam dimana saat itu alat perhitungan pertama telah ditemukan. Dan kemudian alat ini disebut dengan abakus atau yang saat ini kita kenal sempoa. Abakus alat perhitungan yang lebih kompleks dan ini merupakan alat bantu hitung pertama yang di temukan. dimulai abad 2400 SM dan 300 SM,sebelum manusia melakukan gaya perhitungan manual dan terbatas seperti menggunakan batu atau jari

Abakus telah banyak membantu manusia dalam hal perhitungan ,perhitungan besar dan rumit yang akan memerlukan waktu lebih banyak jika dilakukan dengan menggunakan jari atau bongkahan batu kecil / kerikil. Sampai akhir nya sempoa ini di anggap menjadi awal sejarah komputer. Dari mulainya Sejarah perkembangan teknologi Komputer menuju pengembangan keperangkat yang lebih modern seperti yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari - hari saat ini merupakan evolusi dari penemuan sebuah alat mekanik dan juga elektronik.

Sampai tahun modern seperti sekarang ini , komputer bukan lagi menjadi sekedar dan alat perhitungan yang biasa, akan tetapi telah menjadi alat yang membantu kita dalam segala aspek. karena Komputer yang sering kita jumpai dan kita operasikan saat ini, tidak hanya mampu dalam hal perhitungan yang super rumit, akan tetapi telah menjadi bagian dari pekerjaan lainnya, yang bahkan alat kesehatan pun saat ini telah menggunakan komputer.

Blaise Pascal

Pada tahun 1623-1662 (Blaise Pascal ) dengan di awali dari penemuan Blaise Pascal , pertengahan tahun nya sekitar pada tahun 1642, di temukan numerical wheel calculator atau yang biasa Blaise sebut kalkulator roda numerik. Blaise seorang remaja 18 tahun menciptkan alat tersebut fengan tujuan membantu pekerjaan sang ayah nya. Akan tetapi alat tersebut hanya mampu menghitung pada bilangan yang tidak bisa melebihi angka 10.

Kemudian pada 52 tahun setelah nya Gottfred Wilhem von Leibniz saintis matematika dan filosof Jerman, mampu menyempurnakan alat ciptaan pascal. Dengan tetapa menggunakan roda – roda ber gerigi sang filosof mampu menambahkan beberapa fungsi dan perkalian.

Menurut catatan Sejarah Komputer, pada tahun 1812 profesor dari inggris Charles Babbage menemukan difference engine yang mampu melakukan perhitungan tabel matematika. 22 tahun berikut nya Babbage analytical engine menjadi target nya meskipun ada sebagian progam yang ia rancang adalah Babbage’s Folly (kebodohan Babbage), namun Babbage tetap pada pendirian nya dan terus berusaha menyempurnakan target nya. Hal ini menjadi tonggak sejarah dari komputer – komputer modern sampai saaat ini. 

Dengan menamai sebagai mesin defferensial, mesin ini mampu menyimpan progam , memproses dan menghasilkan output otomatis, meskipun hanya menggunakan tenaga uap.

Awal Sejarah Komputer

Dari di mulainya penghitungan kuno , abakus sebagai alat hitung biasa hingga memasuki era komputer generasi pertama merupakan awal sejarah komputer modern dari beberapa dekade, dan saat ini pada generasi kelima, komputer masih dalam pengembahangan oleh para ahli.


Semoga Bermanfaat

Related Posts

Post a Comment