Praktik Kerja Industri

Bagi Temen temen yang sedang menempuh pendidikan SMK atau sekolah menengah kejuruan akan datang masa di mana di wajibkan nya mengikuti proses KBM di luar sekolah. PKL praktek kerja lapangan sudah menjadi sebutan umum namun ada juga beberapa sekolah menyebut nya PRAKERIN atau praktek kerja industri, pada dasar nya sama saja hanya dalam penyebutan dan perbedaan jaman sehingga nama pun berubah :D :D .

Prakerin atau PKL ini merupakan bagian dari kurikulum sekolah dengan tujuan untuk menguji secara langsung di dunia kerja. Hal ini tepat sekali untuk para siswa dalam mengimplementasikan apa yang di dapat di sokolah dan menerapkan nya dalam kerja.

Banyak perusahaan yang menerima siswa siswi untuk pkl bahkan beberapa industri dan tempat usaha seperti toko komputer pun bisa menjadi tempat alternatif untuk melaksanakan proses kegiatan praktek kerja lapangan

Kendala Prakerin

Meskipun ada beberapa keluhan dari beberapa siswa dengan kerja tanpa upah namun praktek kerja ini adalah kewajiban dari pihak sekolah yang harus di laksanakan oleh para siswa. Dengan harapan selama beberapa bulan siswa melakukan praktek kerja siswa mampu mengasah kemampuan dan menyadari bahwa ilmu yang di pelajari sangatlah penting.

Dalam pelaksanaannya praktek kerja industri siswa siswi SMK dilakukan dengan prosedur khusus, dalam hal ini siswa di tuntut telah memiliki dasar kemampuan dalam bidang yang di pelajarinya. Karena tidak akan mungkin tercapai tujuan siswa untuk magang di tempat usaha atau dunia industri profesional tanpa skill yang di pelajari di sekolah kejuruan.

Praktik Kerja Industri

Tujuan Prakerin

  • siswa dan siswi di harapkan mampu mengimplementasikan materi yang di pelari di sekolah untuk di terapkan dalam dunia kerja.
  • Melatih para siswa dan siswi untuk berkomunikasi dan bertatp muka langsung secara profesional sehingga rasa cemas dan canggung tidak akan terjadi di saat siswa bekerja nanti nya.
  • siswa mampu melihat peluang . siswa akan bisa menimbang dan memilih dunia kerja sebenar nya sesuai kamampuan atau skill.
  • akan ada kolaborasi antar team perusahaan dan siswa siswi prakerin, sehingga akan belajar menjadi sebuah team dan mengerti cara bekerja sama.
  • terjadi kerja sama yang baik dari pihak sekolah dan perusahaan , sehingga nantinya tidak menutup kemungkinan siswa akan memilih bekerja di tempat dimana dia melakukan praktek kerja nya.

Guru pembimbing akan selalu memantau siswa . dari mulai absensi hingga perkembangan siswa dalam melaksanakan tugas prakerin. Di perlukan nya komunikasi yang baik dari para siswa , guru dan pihak perusahaan sehingga kegiatan proses belajar praktek kerja berjalan dengan sesuai tujuan nya.

Related Posts

Post a Comment