Father of Disk Drive

Reynold B. Johnson

Di sebut sebagai “ father of disk drive “ Minnesota amerika serikat lahir lah seorang ilmuwan penemu hardisk pertama bernama Reynold B. Johnson. Seseorang yang dimasa remaja nya jauh dari dunia per-komputer an ini malah mengambil jurusan adminsitrasi pendidikan, bahkan karirnya menjadi guru pun gagal. 
Selama menganggur Reynold B. Johnson menyempurnakan hasil penemuan sebelum nya tentang mesin pemeriksa hasil ujian pilihan ganda / multiple choice. Tak berselang lama penemuan nya banyak di dengar dan ahirnnya IBM merekrut nya menjadi enginer dan mempunya tugas mengembangkan mesin pemeriksa ujian tersebut di laboratorium IBM di Columbia University dan Endicott, di New York.

Penyimpanan Cepat dan Simpel

penemu hardisk
Mesin pemeriksa ujian di beri nama IBM 805 dan berhasil di produksi ribuan unit pada tahun 1937, hingga tahun 1970 an pun mesin IBM 805 masih banyak di pakai oleh banyak kalangan. Bergulirnya waktu semakin banyak nya mesin IBM 805 di produksi dan data yang semakin menumpuk, hingga akhir nya IBM ber inisiatif membuat penyimpanan data yang lebih cepat di akses. Terpilihlah Reynold B. Johnson dan tim untuk membuat sistem penyimpanan yang cepat dan simpel. 
Pada tahun 1955, terwujudlah IBM 350 sebuah penyimpanan berbentuk cakram keras yang di operasikan di komputer RAMAC 305 (Random Access Method of Accounting Control ). Meskipun hanya mampu menampung 5 megabyte data,akan tetapi kapasitas itu merupakan karya yang fenomenal kala itu bandingkan zaman sekarang dengan bentuk yang super mini pun mampu menampung data jauh lebih besar dari penyimpanan IBM 305. 
Reynold B. Johnson pensiun dari IBM pada sekitar tahun 1971, dan hingga kini kemajuan dari hasil penemuannya tersebut sudah banyak di kembangkan hingga mencapai bentuk termungil dan berkapasitas besar.

Related Posts

Post a Comment