Casing Komputer

Casing Komputer termasuk bagian komputer yang berfungsi sebagai wadah atau rumah dari semua perangkat dan komponen utama komputer. Jadi secara harfiah bisa di terjemahkan bahwa Casing Komputer adalah wadah atau rumah yang menampung semua komponen wajib sebuah komputer untuk melindungi dan membuat komputer tertata.

Bentuk Casing Komputer

Seiring perkembangan teknologi, Casing Komputer yang identik berbentuk kotak atau persegi panjang, kini sudah banyak di modifikasi dengan ragam bentuk dan model. Baik itu modifikasi dari pabrikan maupun perorangan yang mempunyai selera sendiri.
Pada dasar nya Casing Komputer merupakan bukan perangkat komputer yang wajib, sebuah unit CPU akan masih bisa bekerja tanpa adannya Casing Komputer ini.akan tetapi dengan adanya Casing Komputer ini, semua komponent wajib komputer ( CPU ) dapat tertata rapi dan lebih menarik.
Didalam sebuah Casing Komputer sendiri biasanya sudah terdapat komponen komputer yang sudah include dalam setiap pembelian. Power suplay biasanya sudah ada dan terpasang di dalam Casing Komputer berikut kabel power listrik nya.
Casing Komputer
Ada beberapa tombol fungsi dan kabel port penghubung ke komponen di dalam CPU yang biasannya sudah terdesign rapi dalam unit Casing Komputer ini. Bahkan dari mulai penempatan komponen pun sudah tertata rapi dan sesuai dengan posisi dan struktur design hardware itu sendiri.

Fungsi Tombol Pada Casing Komputer

Beberapa tombol fungsi dan port kabel penghubung ke komponen dalam Casing Komputer biasannya terdiri dari : 
• Tombol power : Yang berfungsi sebagi tombol start untuk menghidupkan komputer.
• Tombol Reset : Yang berfungsi untuk meng- restart komputer secara langsungjika di perlukan.
• USB Front : Yang berfungsi sebagai perpanjangan USB, jadi kita bisa memasang flasdisk yang sudah ada tertanam di Casing Komputer.
• Audio Front : Yang berfungsi sebagai perpanjangan audio.biasanya terdapat dua front audio yaitu audio input dan audio output.
• HDD Led : yang berfungsi sebagai pendeteksi kerja harddisk.lampu akan menyala berkedip di saat harddisk sedang di operasikan.
• Power Led : Berfungsi sebagai lampu indikator power. Di saat kita menekan tombol power, lampu Power led ini akan menyala. Menandakan bahwa komputer sudah menyala.
• Speaker BEEP : mendeteksi permasalahan pada komputer. Komputer akan mengeluarkan bunyi beep sebagai tanda komputer itu normal atau sedang bermasalah. Biasannya di tentukan dengan jumlah dan panjang - pendeknnya bunyip beep itu sendiri.
• Cooling sistem : sebenar nya ini, tidak semua Casing Komputer menyertakannya dalam pembelian, tapi dalam sebuah Casing Komputer sudah terdapat tempat dan lokasi sendiri untuk cooling sistem atau kipas Casing Komputer.seperti fungsinya cooling ini bisa di pasang beberapa dalam satu Casing Komputer sesuai kebutuhan. 
Meskipun bukan sebuah hardware yang wajib untuk membuat sebuah unit CPU, akan tetapi Casing Komputer mempunyai banyak manfaat, selain sebagai wadah unit CPU, Casing Komputer ini juga akan mampu melindungi komputer kita dari gangguan – gangguan hewan tentunya, biasannya cicak atau tikus sering melewati rangkain CPU yang akan mengakibatkan konsleting dan crash nya hardware komputer kita. Selain itu juga dalam Casing Komputer yang sudah kita pasang cooling / fan atau sering kita sebut kipas komputer, akan melindungi dari debu atau mungkin air yang akan membuat CPU kita trouble.

Related Posts

Post a Comment