Power Supply Komputer

Komputer Power Supply Sistem

Power supply atau yang sering kita sebut dengan PSU merupakan satuan komponent perantara antar tegangan listrik dengan komponen komputer. Definisi tepat nya PSU komputer adalah hardware yang mengatur, menyuplay atau memasok arus listrik ke komponen – komponen komputer. Secara khusus power supllay ini di rancang untuk mengkoversikan arus AC ke DC atau sebaliknya, dan komponen komputer dapat mengkonsumsi tegangan rendah dari pasokan power supplay tersebut. 

Pada dasarnya Fungsi utama dari power supply adalah mengubah arus listrik bolak-balik ( AC ) menjadiarus arus searah ( DC ) yang dibutuhkan oleh komponen pada komputer. 

Jenis Jenis Power Supplay

Berbeda dengan power supllay pada komputer builtup, Jenis power supllay komputer standar terdapat dua type. Type AT dan ATX. Type AT merupakan type power supllay untuk komputer terdahulu dan minim konektor supplpay, power supplay type ini banyak di gunakan untuk komputer pentium I – II. Sedangkan type ATX merupakan type baru dan banyak memiliki konektor dengan berbagai tegangan arus dan volt. 

Konektor yang terdapat pada power supplay 

- AT power connector (12 pin) 
- ATX power connector (20pin + 4pin) 
- Molex connector - Berg connector .
- ATX 12V (Intel) 4 pin connector 
- pin PCI-E connector - SATA Power connector

Semoga Bermanfaat

Related Posts

Post a Comment